January 9, 2008

About LTSP (part 1) Q&A

Posted in My Linux at 3:26 pm by d1ckyklas

  1. Mengapa disebut LTSP? Karena singkatan dari Linux Terminal Server Project.
  2. Apa itu Terminal Server? Server tempatnya mangkal metro mini? terminal server berarti semua proses berjalan diserver, jadi di kompie client tidak perlu hardisk untuk menyimpan sistem operasi. disebut juga thien client
  3. trus kalo nggak ada di client, berarti semua proses di server? anda benar!!🙂 jadi semua program, menyimpan data, dan proses terjadi di hardisk server
  4. kalo nggak pake hardisk berarti booting pake apa? Lan Card yang support boot ROM, floppy disk juga bisa, hardisk 10 mb an (kalo ada) juga boleh.
  5. Tuh kan sama aja bo’ong!! bukannya gitu, floppy disk gunanya cuman manggil program (kernel) dari server doank, kalo lan card mu tidak mendukung boot ROM, begitu juga dengan hardisk.
  6. Berapa lama nginstall LTSP ini? kalo pake distro yang sudah support LTSP (edubuntu server, K12LTSP, Skolelinux, etc) paling cuman 20 menit, dan 2 jam’an untuk nge’set client (yang lama researchnya TOSS, hampir 3 minggu)
  7. trus syarat servernya apa?! yang jelas harus ada lan cardnya🙂 spec kompie cukup tinggi dan memory RAM yang tinggi
  8. server ltsp bisa digunakan untuk berapa client?! perhitungannya setiap client meminta 50 MB RAM dari server, dan proses untuk server sendiri 256 MB, jadi kalo anda ingin membuat untuk 10 client = (10×50)+256 = 756 MB, tetapi kalo anda bisa mencari kompie khusus server itu malah lebih baik
  9. ada pertanyaan lain?! silahkan nanti akan kami tambahkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: