April 15, 2007

10 Most Fear Factor About Linux

Posted in My Linux at 3:12 pm by d1ckyklas

Belajar Linux itu gampang atau susah?! Nach itu tergantung kamu. Gini aja dech, daripada kamu susah-susah ditakut2xin sekalian aja:

Here is the 10 most fear factor about linux:

  1. Linux itu suatu dunia lain yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya, yang awalnya cuma mencibir, akhirnya gigit jari, tercengang, terheran-heran, kadang2x menyerah, membuat penasaran, membuat tidur tidak nyenyak, menurunkan pasaran (pengalaman pribadi :-)), dan masih banyak hal2x yang tidak terduga sebelumnya
  2. Linux punya banyak varian, hampir sekitar 200 distro, masih akan bertambah dan membuat orang semakin bingung .. bingung .. dan bingung (makanya pegangan tiang!!)
  3. Linux dapat hidup mulai dari kompie “jangkrik” pentium lawas (I atau II) hingga yang kita nggak pernah membayangkan bendanya seperti apa (SPARC, Mac, etc)
  4. nginstall linux ada yang paling mudah cuma tinggal klak – klik selesai, atau sampe kamu harus “compile” alias melototin layar berjam2x sambil berharap “moga2x jalan.. moga2x jalan”, dan kalo nggak jalan “sumpah serapah seribu satu macam pasti keluar”
  5. Ada distro linux yang bisa dijalankan pake floppy, dan ada distro linux yang nginstallnya pake 24 CD (estimasi Debian 4 “etch” dengan 3 DVD)
  6. ada hardware yang tinggal tancap langsung “greng” dan jalan mulus, ada pula yang di-“greng” berkali2x nggak jalan2x, malah ngrusak yang lain (winmodem, printer, vga card, etc)
  7. Aplikasi linux ada yang cukup klak-klik tinggal “mak nyos”, juga ada yang “sampe mata melotot” dan “tangan sampe keriting” baru bisa jalan.
  8. Kalo kamu newbie / pendatang baru yang suka tantangan dan resiko digebukin orang banyak karena kehilangan data, coba distro-distro berikut ini : Slackware, Debian, Gentoo. Anda akan “kapok lombok” nyoba nginstall linux.
  9. Linux selalu dilengkapi dengan manual, cukup “man [nama aplikasi]” dari konsole, serunya semua dalam “bahasa Inggris”. Sambil menyelam, minum air (…atau tenggelam ?!?!)
  10. Kalo anda pingin panik coba belajar “Compile Kernel” dan berdoa banyak2x agar tidak muncul “kernel panic” atau anda sendiri yang akan panik

Tertarik menerima tantangan!?! Welcome To Linux World

2 Comments »

  1. rotyyu said,

    Kalau saya c, paling takut kalau harus ngompile kernel bro….
    soale aku dah coba beberapa kali, tapi yang ada “kernel panic” mlulu.
    Btw punya tutorial kompile kernel yang “mak nyos” g bro?

  2. Robby said,

    klo gw sih yg paling males dependency sm kompilasi, gw gak punya koneksi internet, trus belum nemu yg jual cd paket zenwalk.

    dependency bkn ribet, krn sering program gak jalan setelah terinstal.

    kompilasi bkn bete, pernah sampai sejam br selesai, duh…mgkn krn spek rendah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: